Senin, 21 September 2009

bInTaNg dan 'BiNtANg'

Bintang-bintang berikan cah’yamu

Bintang-bintang taburi kami malam ini

Bintang-bintang biarkan sinarmu..u…

Menerangi indahnya cinta…


Uhui…co cwiiit….xixixi… Kalimat di atas merupakan penggalan syair dari lagu ‘bintang-bintang’ yang dinyanyikan dan dipopulerkan oleh Titi DJ. Masih inget kan?


Nah,, siapa sih yang ga ga tau sama sekali tentang bintang? Siapa juga yang ga tersepona oleh indahnya bintang? Xixixi…


Menurut wiki (baca: Wikipedia), bintang itu didefinisikan sebagai benda langit yang memancarkan cahayanya sendiri. Ada banyak bintang yang bertebaran di galaksi qta (bimasakti-red). Jumlahnya dapat mencapai ratusan bahkan milyaran. Euleh..euleh…


Ketika bersinar, bintang mentransfer energi. Besarnya energi yang dipancarkan oleh bintang dipengaruhi oleh ukuran (diameter) dan jaraknya dari bumi. Sebuah bintang yang berukuran kecil dan berada dekat dengan bumi akan memberikan dampak energi yang lebih besar dibandingnkan dengan bintang yang berukuran lebih besar namun berada lebih jauh dari bumi. Matahari adalah bintang yang berada paling dekat dengan bumi. Jaraknya ‘hanya’ 149.800.000 km dari bumi.


Bintang memancarkan sinarnya secara kontinu. Walaupun demikian, mengapa bintang terlihat berkelip? Kelip bintang terjadi akibat adanya perbedaan kerapatan atmosfer bumi. Di samping itu, terdapat juga debu-debu angkasa yang menghalangi pancaran sinar bintang. Oleh sebab itu, cahaya bintang terlihat berkelip jika diamati dari bumi.


Entah mengapa, gw salah satu makhluk bumi yang mengagumi indahnya bintang. Dulu, gw bisa duduk berjam-jam di lantai atas rumah gw cuma untuk melihat n mengamati bintang. Soalnya bintang-bintang itu kelihatan kuereeeen buanget. Apalagi kalau bintang-bintang itu udah membentuk rasi bintang. Wah kueren buanget.


Sayangnya, keindahan bintang itu ga bisa diamati dan dinikmati setiap saat. Beberapa bulan terakhir gw malah cuma lihat langit yang bersih tanpa bintang. Hiks hiks… Sebenarnya keindahan langit bertaburan bintang itu merupakan keindahan yang tidak tergantikan (halah). Namun demikian, gw sering mengamati langit malam yang dihiasi lampu2 malam. Walaupun ga sama, tapi gw sering berimajinasi kalau lampu-lampu itu adalah bintang. Hihihi maksa ya???


Menurut gw, langit malam yang dihiasi lampu-lampu malam itu indah. Langit malam yang bertaburan bintang juga indah. Jika foto langit malam yang dihiasi lampu-lampu malam diputar 180 derajat, maka yang terlihat adalah foto langit malam yang dihiasi dengan gugusan bintang. Ga percaya?? Coba deh perhatiin foto koleksi temen gw berikut ini.


Foto langit malam + lampu kota.


foto langit malam + 'bintang'.


Keduanya akan terlihat sama bukan? Langit hitam betaburan ‘bintang’. Hehehe ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar